Deskripsi Program
Mengelola pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pegawai personalia adalah suatu proses yang melibatkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi upaya-upaya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kinerja pegawai yang bekerja di bidang personalia.
Dengan mengikuti pelatihan ini pegawai personalia dapat menyusun kebutuhan pembelajaran dan pengembangan, merancang program pembelajaran dan pengembangan, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengembangan serta mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran dan pengembangan yang akan memberikan dampak postif terhadap keseluruhan kinerja organisasi.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta pelatihan mampu membuat strategi pengelolaan manajemen SDM dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, Konsultan Bisnis mampu;
- Melakukan perubahan lingkup fungsi-fungsi HRD dan peran strategisnya di dalam perusahaan terkait pengembangan SDM.
- Menyusun laporan analisis kebutuhan pembelajaran & pengembangan SDM dalam perusahaan.
- Menyusun desain program pengembangan SDM
- Mengombinasikan metode untuk program pembelajaran dan pengembangan SDM
- Membuat evaluasi pelaksanaan program pengembangan SDM
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Lingkup kerja dan peran staff HRD dalam organisasi / perusahaan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Melakukan perubahan lingkup fungsi-fungsi HRD dan peran strategisnya di dalam perusahaan terkait pengembangan SDM.
- Sesi 2 Menyusun kebutuhan pembelajaran dan pengembangan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Menyusun laporan analisis kebutuhan pembelajaran & pengembangan SDM dalam perusahaan.
- Sesi 3 Merancang program pengembangan SDM (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Menyusun desain program pengembangan SDM
- Sesi 4 Melaksanakan kegiatan pembelajaran & pengembangan SDM (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Mengkombinasikan metode untuk program pembelajaran dan pengembangan SDM
- Sesi 5 Mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran & pengembangan SDM (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Membuat evaluasi pelaksanaan program pengembangan SDM
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Sasaran / Target kinerja organisasi
- Metode Analisis Kebutuhan Pengembangan (Training Need Analysis)
- Model dan kamus kompetensi jabatan
- Model dan peta kompetensi
- Metode pembelajaran dan pengembangan
- Format rencana pembelajaran untuk pembuatan silabus dan kurikulum
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Cermat dalam menganalisis kesenjangan kompetensi terhadap target kinerja
- Akurat dalam menyusun rekomendasi kebutuhan pengembangan
- Teliti dalam menganalisa data kinerja dan standar kompetensi
- Detail dalam menentukan tujuan pembelajaran, materi dan metode dan instruktur yang sesuai
- Akurat dalam menentukan alokasi waktu untuk penyampaian materi
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Merespon masalah kinerja yang diakibatkan dari kurangnya kompetensi
- Menyusun kesimpulan dari kesenjangan kompetensi
- Melakukan perubahan terkait kesenjangan kompetensi para karyawan
- Menyusun rekomendasi kebutuhan dan prioritas program pengembangan
- Menyusun jenis dan metode pengembangan yang sesuai dengan tujuan
- Merancang silabus dari program pengembangan
- Menyusun kurikulum yang sesuai dengan tujuan pengembangan
- Mengorganisasi ulang alokasi waktu untuk setiap materi pengembangan
- Merancang sarana dan prasarana untuk mendukung program pengembangan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Masyarakat umum yang ingin mengembangkan karir di divisi penjualan
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan
4. Pendidikan minimal SMA atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Juni Utami mengawali karir sebagai Training Manager dibidang penjualan, hingga akhirnya Juni mendirikan sendiri restoran dan saat ini telah memiliki 1 cabang. Berpengalaman 20 tahun lebih mengembangkan, mengelola dan mempimpin bawahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.