Deskripsi Program
Pembelian merupakan proses keseluruhan kegiatan pengadaan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan untuk menunjang operasional perusahaan.
Pelatihan ini akan menjelaskan proses dari pembelian mulai mencari supplier, menentukan supplier, melakukan negosiasi dengan supplier serta menjaga hubungan dengan supplier.
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan menjalankan proses pembelian dengan baik sehingga mendapatkan penyedia barang dan jasa yang tepat.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta mampu membuat strategi negosiasi dalam memilih penyedia barang dan jasa untuk menunjang operasional perusahaan menjadi lebih baik minimal 75% saat uji keterampilan
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu;
- Peserta mampu Mengkombinasikan Dasar – Dasar Pembelian dan Solusi dalam menghadapi masalah
- Peserta mampu Menyusun ulang Siklus Pembelian yang efisien dan tepat
- Peserta dapat Mengkombinasikan metode pengadaan dalam memilih penyedia barang dan jasa
- Peserta dapat Merancang Strategi dalam Negosiasi dengan penyedia barang dan jasa
- Peserta mampu Menyusun fungsi supplier relationship management dalam berhubungan dengan penyedia barang dan jasa
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Dasar – Dasar Pembelian (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu Mengkombinasikan Dasar – Dasar Pembelian dan Solusi dalam menghadapi masalah
- Sesi 2 Siklus Pembelian (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu Menyusun ulang Siklus Pembelian yang efisien dan tepat
- Sesi 3 Memilih Penyedia Barang dan Jasa (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta dapat Mengkombinasikan metode pengadaan dalam memilih penyedia barang dan jasa
- Sesi 4 Melakukan Negosiasi (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta dapat Merancang Strategi dalam Negosiasi dengan penyedia barang dan jasa
- Sesi 5 Supply Relationship Management (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu Menyusun fungsi supplier relationship management dalam berhubungan dengan penyedia barang dan jasa
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Konsep Dasar Pembelian
- Teknik Siklus Pembelian
- Teknik Memilih Penyedia Barang dan Jasa
- Teknik Negosiasi dengan Penyedia Barang dan Jasa
- Ahli dalam Supplier Relationship Management
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Cermat dalam memahami basic seorang pembelian serta masalah yang akan dihadapi perusahaan
- Cermat dan Teliti dalam memahami Siklus Pembelian secara keseluruhan
- Pandai dalam melakukan pemilihan terhadap penyedia barang dan jasa
- Disiplin dalam melakukan negosiasi dengan penyedia barang dan jasa
- Cermat dan Teliti dalam menjalankan fungsi Supplier Relationship Management
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Mengombinasikan Dasar – Dasar Pembelian dan Solusi dalam menghadapi masalah
- Menyusun ulang Siklus Pembelian yang efisien dan tepat
- Mengkombinasikan metode pengadaan dalam memilih penyedia barang dan jasa
- Merancang Strategi dalam Negosiasi dengan penyedia barang dan jasa
- Menyusun fungsi supplier relationship management dalam berhubungan dengan penyedia barang dan jasa
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya:
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Peserta yang ingin memahami strategi memilih penyedia barang dan jasa untuk menunjang operasional perusahaan
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan”
4. Pendidikan minimal SMA
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Didi Mulya Gunawan adalah seorang yang berpengalaman dibidang procurement pada industri Fast Moving Consumer Goods, Didi Mulya Gunawan sudah 5 tahun berada di dunia procurement sampai Tingkat manajerial dibidang tersebut. Didi Mulya Gunawan ahli dalam mengatur pengadaan barang dan jasa untuk seluruh departemen, membangun hubungan kemitraan yang baik dengan pemasok serta memberikan pelayanan yang maksimal untuk pengadaan barang dan jasa.