Menyusun Strategi Pemasaran untuk Spesialis Pemasaran UMKM

Current Status
Not Enrolled
Price
Rp1,500,000
Get Started

Deskripsi Program

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97%. Di sisi lain, kebanyakaan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah tidak memiliki cukup pengetahuan untuk dapat memasarkan produk. Padahal, produk yang mereka tawarkan memiliki value yang bagus dan unik. Sehingga, produk mereka kurang dikenal oleh masyarakat dan mempengaruhi penjualan mereka. Terlebih peralihan masa transisi pandemi covid -19, di era new normal ini perubahan perilaku konsumen yang pada mulanya bertransaksi secara konvensional berpindah ke digital. Hal ini menjadi fokus yang penting untuk UKM ataupun seorang yang berprofesi di bidang pemasaran dapat memiliki kemampuan untuk memasarkan produk dengan berbagai strategi. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda di harapkan dapat menyusun strategi pemasaran baik secara daring maupun luring secara praktis untuk dapat mengatasi tantangan pemasaran saat ini.

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Peserta pelatihan mampu membuat ulang strategi pemasaran bagi kebutuhan UMKM dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri

Tujuan Pelatihan (Khusus)

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu;

  1. Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
  2. Membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
  3. Mengimplementasikan teknik pemasaran tatap muka
  4. Mengimplementasikan teknik pemasaran online
  5. Menunjukan inisiatif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) agar menjadi pelanggan loyal

 

Durasi Pelatihan

  1. Sesi 1 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
  • Peserta mampu menunjukan mindset positif dalam menyikapi tantangan pemasaran modern
  • Peserta mampu memahami Proses dan Perencanaan Pemasaran
  • Peserta mampu membandingkan antara pemasaran offline and online
  • Peserta mampu menyusun pembuatan profil dan memvalidasi target pasar
  1. Sesi 2 Fundamental Strategi Pemasaran (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
  • Peserta mampu memahami target pasar
  • Peserta mampu memahami bauran pemasaran 4P
  • Peserta mampu mempelajari segmenting, targeting, dan positioning
  • Peserta mampu membuat ulang strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha
  1. Sesi 3 Teknik pemasaran tatap muka (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu memahami komunikasi marketing
  • Peserta mampu mengimplementasikan teknik pemasaran tatap muka
  • Peserta mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran luring
  1. Sesi 4 Teknik pemasaran online (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu memahami pentingnya digital marketing
  • Peserta mampu Mengimplementasikan teknik pemasaran online
  • Peserta mampu memahami chanel pemasaran online di era modern
  • Peserta mampu mengimplementasikan pembuatan konten yang menarik dalam pemasaran online
  • Peserta mampu memahami menggunakan berbagai teknik optimalisasi social media, market place, dan business website untuk pemasaran online
  • Peserta mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran online
  1. Sesi 5 Membuat pelanggan loyal (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu menunjukan inisiatif dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan (customer relationship) agar menjadi pelanggan loyal
  • Peserta mampu memahami faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
  • Peserta mampu mempelajari strategi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dalam pengembangan bisnis
  • Peserta mampu membuat ulang program loyalitas pelanggan

Total durasi 900 menit

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  • Mampu menggunakan konsep dasar pemasaran
  • Mampu menggunakan pentingnya strategi pemasaran
  • Mampu mengimplementasikan pembuatan konten yang menarik dalam pemasaran online
  • Mampu memahami pentingnya menjaga pelanggan agar tetap loyal sebagai profesional pemasaran

SIKAP KERJA (AFEKSI)

  • Mampu membandingkan antara pemasaran offline and online
  • Mampu mempelajari segmenting, targeting, dan positioning
  • Mampu mempelajari teknik pemasaran online dan offline
  • Mampu mempelajari strategi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dalam pengembangan bisnis

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  • Mampu menyusun pembuatan profil dan memvalidasi target pasar
  • Mampu membuat ulang elemen strategi pemasaran perusahaan
  • Mampu menata prioritas action plan dalam pemasaran online
  • Mampu membuat ulang program loyalitas pelanggan

Metode Ajar

Daring

Kelompok Sasaran

Syarat dan Ketentuan Lainnya 1. UMKM 2. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik 3. Masyarakat umum yang sedang mencari pekerjaan 4. Orang yang berprofesi di bidang pemasaran dengan pengalaman kurang dari 1 tahun yang ingin meningkatkan keterampilannya 5. Memiliki handphone/laptop dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Pelatihan Content

Expand All
Scroll to Top