Deskripsi Program
Penjaga toko merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan peluang yang besar dan bisa dilakukan oleh siapa saja apabila memahami dasarnya dengan baik. Dalam program ini penjaga toko akan menpatkan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan dalam melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.
Melalui program ini para penjaga toko akan memahami lebih dalam lagi apa yang menjadi tugas dan peran nya sebagai penjaga toko, bagaimana menangani komplain pelanggan hingga mengukur kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya menjadi pelanggan loyal pada toko Anda.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta pelatihan mampu merancang rencana peningkatan pelayanan di toko dengan menerapkan konsep pelayanan prima dengan menunjukkan pemahaman sebesar 80% saat unjuk keterampilan
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan;
- Peserta mampu melakukan penyesuaian tugas dan sasaran fundamental seorang penjaga toko
- Peserta mampu menganalisa dan memenuhi kebutuhan pelanggan
- Peserta mampu merespon dengan tepat keluhan pelanggan
- Peserta mampu merancang dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
- Peserta mampu menyusun program loyalitas pelanggan
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Peran dan Tugas Penjaga Toko (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melakukan penyesuaian tugas dan sasaran fundamental seorang penjaga toko
- Sesi 2 Melayani Kebutuhan Informasi Bagi Pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menganalisa dan memenuhi kebutuhan pelanggan
- Sesi 3 Menangani Keluhan Pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu merespon dengan tepat keluhan pelanggan
- Sesi 4 Mengukur Kepuasan Pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu merancang dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
- Sesi 5 Merancang Program Loyalitas Pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menyusun program loyalitas pelanggan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Peran dan tugas penjaga toko
- Identifikasi kebutuhan pelanggan
- Penyelesaian masalah konsumen
- Identifikasi pengukuran kepuasan pelanggan
- Identifikasi pengukuran loyalitas pelanggan
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Ahli dalam mengelola toko
- Cermat dan tepat memahami kebutuhan pelanggan
- Komunikatif dan tanggap dalam menyelesaikan masalah
- Teliti dalam mengukur kepuasan pelanggan
- Akurat dalam mengukur loyalitas pelanggan
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Ahli dalam mengelola toko
- Cermat dan tepat memahami kebutuhan pelanggan
- Komunikatif dan tanggap dalam menyelesaikan masalah
- Teliti dalam mengukur kepuasan pelanggan
- Akurat dalam mengukur loyalitas pelanggan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Masyarakat umum yang memiliki toko atau ingin memiliki toko
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan
4. Pendidikan minimal SD atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Rosana memulai bisnis pakaian lewat ROCHAGOTCHA & JANNATEESTORE sejak tahun 2018 hingga saaat ini. Selain aktif mengembangkan bisnis yang didirikan, Rosana juga aktif dalam postingan media sosial miliknya.