Deskripsi Program
Seorang profesional di bidang akuntansi harus memiliki kompetensi yang mencakup pembuatan laporan keuangan secara komprehensif sesuai dengan SKKNI Nomor 182 Tahun 2013. Dalam proses penyusunan laporan keuangan ini, seorang akuntan memiliki kemampuan dalam melakukan berbagai tugas laporan keuangan , seperti mencatat jurnal, menyusun buku besar dan neraca, melakukan penyesuaian jurnal dan neraca, menyusun laporan laba rugi, serta menjalankan proses penutupan buku (jurnal dan neraca penutup). Dengan menguasai kompetensi-kompetensi tersebut, diharapkan peserta akan memiliki daya saing bisnis UMKM yang lebih baik.
Setelah mengikuti program ini, anda akan mampu membuat laporan keuangan UMKM berdasarkan kegunaan atau manfaat laporan keuangan , melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami konsep laporan keuangan.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta pelatihan diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat laporan keuangan dengan memperlihatkan setidaknya 60 persen penguasaan materi saat mereka mempraktikkan keterampilan mereka.
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, Konsultan Bisnis mampu;
- Peserta memahami prinsip-prinsip dasar akuntansi sebagai dasar penyusunan laporan keuangan
- Peserta mampu menyusun transaksi secara akurat dalam jurnal
- Peserta mampu melakukan penyesuaian pada jurnal penyesuaian dan neraca saldo setelah penyesuaian.
- Peserta mampu melakukan penyusunan buku besar, neraca saldo, perhitungan laba rugi, perubahan modal dan neraca sesuai format dan prosedur yang benar
- Peserta mampu melakukan penutupan pembukuan dan perhitungan neraca saldo setelah penutupan
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Kemampuan Pemahaman Prinsip Dasar Akuntansi UMKM (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami prinsip-prinsip dasar akuntansi sebagai dasar penyusunan laporan keuangan
- Sesi 2 Kemampuan Pencatatan Transaksi UMKM dalam Jurnal Keuangan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mampu menyusun transaksi secara akurat dalam jurnal
- Sesi 3 Kemampuan Penyesuaian dan Penyusunan Neraca Saldo UMKM (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melakukan penyesuaian pada jurnal penyesuaian dan neraca saldo setelah penyesuaian.
- Sesi 4 Kemampuan Penyusunan Pembukuan UMKM sesuai Format dan Prosedur yang Benar (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melakukan penyusunan buku besar, neraca saldo, perhitungan laba rugi, perubahan modal, dan neraca sesuai format dan prosedur yang benar
- Sesi 5 Kemampuan Penutupan Pembukuan UMKM dan Perhitungan Neraca Saldo setelah Penutupan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melakukan penutupan pembukuan dan perhitungan neraca saldo setelah penutupan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Pengetahuan dasar akuntansi
- Proses pencatatan pada jurnal
- Prosedur pembukuan
- Format laporan keuangan
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Teliti dalam pencatatan pada jurnal dengan teliti
- Rapi dalam menyusun format laporan keuangan
- Cermat dalam melakukan pembukuan
- Akurat dalam melakukan perhitungan laba rugi
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Membuat entri jurnal
- Membuat buku besar dan neraca saldo
- Membuat jurnal penyesuaian dan neraca saldo setelah penyesuaian
- Membuat laporan laba rugi serta perubahan modal dan neraca
- Membuat jurnal penutup (tutup buku)
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Peserta yang ingin memahami membuat laporan keuangan
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan”
4. Pendidikan minimal SMA/Sederajat atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: tidak terbatas karena pelatihan daring
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
ASTRIYANI SANDYA PARAMITA mengawali karir sebagai Leader of Finance selama 5 tahun di salah satu perusahaan distribusi makanan dan minuman. Astriyani seorang lulusan MBA yang telah memiliki pengalaman, baik secara akademisi maupun profesional dan kompeten baik secara teori dan praktisi. Tahun 2021 Astriyani menambah profesi sebagai akademisi dibidang akuntansi dan manajemen di Universitas Semarang sebagai dosen tidak tetap. Sebagai seorang dosen, Astriyani telah mengajar di beberapa kelas dan berbagai mata kuliah. Tahun 2021 Astriyani pindah Homebase sebagai dosen administrasi bisnis otomotif. Saat ini Astriyani lebih banyak memberikan materi dibidang: akuntansi dan keuangan, manajemen risiko, dan manajemen leasing dan asuransi. Selain itu Astriyani juga pernah memberikan materi dibidang: ekonomi mikro, dan pajak dan retribusi daerah.